Situs Berita Terupdate Paling Joss

Ribuan Pesantren Tolak Bantuan Yayasan Hary Tanoe

harris st.
Bantuan yang berasal dari Yayasan Peduli Pesantren yang didirikan pengusaha Hary Tanoesoedibjo ditolak oleh ribuan Pesantren di Sumatera Barat dan Banten. Hal ini dikarenakan Yayasan Hari Tanoe mempunyai kepentingan politis yang dikhawatirkan memecah belah persatuan umat Islam terlebih di kalangan Pesantren.

Mengutip dari  Suara Muhammadiyah, hari ini, penolakan tersebut dituangkan dalam surat pernyataan perwakilan Forum Pondok Pesantren Sumatera Barat tertanggal 10 Desember yang ditandatangani Sukarta Fuadin dari Ponpes Subulussalam, Ilham dari Sumatera Thawalib Parabek dan Fauziah Fauzan dari Perguruan Dinniyah Puteri Padang Panjang dan Ketua MUI Sumatera Barat Gusrizal Gazahar.

"Kami mengimbau seluruh Pondok Pesantren di Indonesia untuk lebih mengedepankan tujuan jangka panjang membina generasi pelanjut Umat Islam dibandingkan kepentingan sesaat yang menjebak," demikian bunyi surat pernyataan  sikap Pondok Pesantren Sumatera Barat.

Yayasan yang baru saja diresmikan oleh Hary Tanoe tersebut menunjuk Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj sebagai Ketua Dewan Pembina YPP serta Mahfud MD sebagai anggota Dewan Pembina. Bos MNC Group itu menyuntikkan dana Rp2 miliar ke yayasan itu untuk mendukung serta membantu seluruh pembangunan sarana dan prasarana pesantren yang ada di Indonesia.

Salah satu tokoh di Ranah Minang, Gusrizal menegaskan bahwa Pesantren disana tidak akan menerima bantuan 'politis' tersebut. Beliau menambahkan, Sumbar harus jadi pionir dalam melawan gerakan YPP terdepan dari daerah lainnya.

Sementara itu dari Banten, Forum Silaturahmi Pondok Pesantren Provinsi Banten yang diketuai KH. Maimun Ale, mengatakan, ada 3.496 pondok pesantren di Provinsi Banten yang menolak bantuan.

Tak hanya itu, dalam keterangannya yang dimuat Suara Muhammadiyah itu, FSPP Banten juga menolak keberadaan YPP yang diketuai oleh Hari Tanoesoedbjo. "Kiprahnya sarat dengan kepentingan politik dan kapitalisme dan eksistensinya cenderung mengancam asosiasi-asosiasi pondok pesantren di seluruh Indonesia yang telah berkhidmat dengan ikhlas membina akidah dan kehidupan keumatan yang harmonis selama puluhan tahun," kata dia.

sumber : rimanews.com

Seperti kita ketahui bersama, Hary Tanoe sangat sering menampilkan sikap seolah-olah dia peduli dengan Pesantren, hal ini dia tunjukkan di saluran TV miliknya yang menayangkan pidato di Pesantren dan disungkemi para santri. Namun, aksinya tersebut banyak yang mengatakan kalau dia itu hanya mencari simpati orang Islam.