Situs Berita Terupdate Paling Joss

JANGAN PANIK BUNDA !!! Inilah Tips Ketika Mulut Anak Anda Tersangkut Tulang Ikan! Bantu Share Ya..!

harris st.

Makan dengan lauk ikan adalah untuk mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh. Seperti kita ketahui bahwa dalam ikan banyak sekali terdapat protein yang bisa membantu kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun, mengkonsumsi ikan juga ada ngeri-ngerinya, hal ini dikarenakan hewan yang mempunyai sirip tersebut memiliki tulang yang tajam dan kalau nyangkut ditenggorokan itu rasanya sakit sekali. Oleh karenanya kita harus berhati-hati dalam mengkonsumsi ikan.

Sebagai orang dewasa tentunya kita memiliki rasa awas ketika memakan ikan, berbeda dengan anak kecil yang tidak awas. Oleh karena itu tidak sering sekali terjadi anak kecil yang tersedak, keselek, ataupun ada tulang ikan yang nyangkut didalam tenggorokannya.

Melihat kejadian seperti itu naluri seorang ibu pasti langsung panik, oleh karenanya mereka melakukan hal-hal yang terkadang malah bisa membuat anaknya makin kesakitan.

Oleh karena itu, disini kami akan memberikan tipsnya untuk mengatasi anak ketika tersangkut tulan:

1. Cari Letak Tulang Ikan

Pertama anda harus tenang terlebih dahulu, kemudian buka mulut anak anda dengan hati-hati. Jika tulang ikannya tidak kelihatan, anda bisa menggunakan senter, lalu anda sumpit atau jepit tulang yang terlihat dengan alat penjepit yang aman untuk dikeluarkan.

Namun, jika sudah didalam tulangnya, anda mungkin perlu ke rumah sakit untuk antisipasi.

2.  Tulang Kecil Nyangkut

Jika anda yakin tulang ikan hanya tulang kecil, Gunakanlah jari anda yang bersih atau sumpit untuk menghimpit lidahnya, itu akan membuat anak anda muntah, bila dapat hingga muntahkan semuanya, agar semuanya makanan yang masuk tadi keluar, serta tulang kecil tersebut akan turut keluar bersama dengan makanan – makanan dari dalam.

3. Tulang Besar Nyangkut

Jika tulang besar yang nyangkut disarankan agar langsung ke klinik terdekat, karena apabila memakai cara pertama itu bisa membuat tenggorokan anak terluka karena goresan tulang.

Demikian tips mengatasi tulang tersangkut di tenggorokan :)