Situs Berita Terupdate Paling Joss

Tips Dan Cara Mudah Agar Usaha Warung/ Kedai Kopi Selalu Ramai Pembeli

harris st.
Bicara bisnis yang saat ini sedang menjamur adalah warung atau kedai kopi, dimana aktifitas remaja saat ini kalau tidak ke warnet mereka pasti ke warung kopi, jika ada pertanyaan kenapa harus ke warung kopi? maka bisa dengan mudah dijawab bahwa disana ada hiburan, teman, dan tentunya internet gratis (wifi).

Untuk mendirikan sebuah usaha warkop ini tentunya anda harus jeli melihat persaingan yang ada, jangan sampai kedai anda sama dengan warung kopi yang sudah ada, atau anda meniru warung kopi yang sudah ramai pengunjungnya.

Sebenarnya sah-sah saja meniru usaha yang sudah lebih dulu ada, namun yang terpenting anda harus mempunyai yang namanya inovasi. Karena inovasi dalam bisnis adalah ruh bagi kemenangan bersaing secara sehat.

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan agar warung kopi kita bisa terkenal dan ramai pengunjung ? berikut Tips dan Cara Mudah Agar Kedai Kopi Anda Ramai.

1. Produk : Berkualitas, Biasa-biasa Saja ?

Jika anda ke warung kopi, tentu yang akan anda beli adalah kopinya. Untuk itu anda harus mengetahui betul kualitas kopi yang enak itu bagaimana.

Selain itu anda harus melakukan percobaan sendiri dengan meracik kopi yang pas dan nikmat saat diseruput.

Jika anda tidak mempunyai produk andalan, maka anda tidak akan mencapai level kualitas yang bisa anda jual dengan mudah.

Selain itu anda harus jeli melihat kira-kira apa saja yang dibutuhkan oleh pengunjung ketika mereka mengunjungi kedai anda.

Salah satunya yakni dengan menyediakan menu non kopi, karena orang yang ke tempat anda tidak selalu ingin ngopi, oleh karenanya sediakan pula teh, minuman jeruk, jus buah, makanan seperti bakso, mie ayam dan lain sebagainya.

2. Harga : Pasarannya Berapa ?

Membicarakan tentang harga, tentu anda harus survey terlebih dahulu ke tempat-tempat lain untuk menentukan harga umunya sebuah kopi itu berapa.

Jangan sampai kemudian anda menawarkan kopi kualitas biasa namun harganya lebih mahal dari yang lain, misalkan anda membandrol secangkir kopi biasa dengan harga lebih mahal 5.00 rupiah saja, maka warung anda akan ditandai oleh mereka yang pernah berkunjung. Terkecuali, kalau kopi anda lebih mantap, atau ada kreasi yang bisa diandalkan dibandingkan dengan warkop lainnya.

3. Lokasi : Dimana Tempat yang Strategis Untuk Sebuah Kedai / Kafe ?

Ini juga penting sekali anda pahami, tidak semua warkop ramai itu kopinya istimewa, bisa jadi mereka yang berkunjung ke warung kopi itu adalah karena tempat atau lokasinya yang lebih dekat, sehingga mereka mudah dan nyaman berkunjung kesana.

Oleh karena itu, anda wajib menelusuri sebuah lokasi yang nantinya pas untuk anda dirikan sebuah kedai atau warung kopi.

Atau anda juga harus peka, dalam artian jika di warung kopi anda nantinya akan disetelkan musik, maka anda harus menghindari area yang dekat dengan tempat ibadah, misalkan Masjid atau tempat-tempat lain yang tidak boleh gaduh. Yup...setidaknya anda harus tepat memmilih waktu kapan anda akan menyetel musik di kedai kopi anda.

4. Keamanan dan Kenyamanan : Bagaimana Sikon Disana?

Tentu ini lebih penting dari sekedar strategisnya penempatan usaha anda, karena sebagai pengusaha, anda juga harus memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan orang yang ingin berkunjung ke tempat anda.

Jangan sampai anda mendirikan usaha disebuah tempat yang rawan begal misalkan, dekat dengan lokasi prostitusi dan lainnya.

5. Fasilitas : Wajib Gratis !!!

Nah, inilah yang membedakan usaha anda dengan yang lainnya, jika di warkop sebelah tidak menyediakan sebuah fasilitas wifi gratis, maka di tempat anda harus ada !

Nanti soalnya pengunjung akan bilang begini " Hey Bro, Disini Aja Yuk Ngopinya, Ada Wifinya Gratis dan Gak Lemot !!!

Selain itu anda juga wajib memperhatikan kebutuhan pengunjung, seperti Toilet, Musholla, Tempat Duduk, Tempat Parkir dan Pelindung Hujan atau Panas.

Dalam hal ini kami ambil contoh di Kedai Saudara Sekopi, disana anda bisa melihat fasilitas apa saja yang disediakan .

6. Pelayanan : Bagaimana Cara Memberikan Pelayanan Pada Pembeli.

Jika anda faham makna dari kata-kata "Pembeli adalah Raja" tentu anda akan bisa bersikap ramah kepada setiap pembeli yang datang ke kedai anda.


Layani mereka dengan ikhlas, sambil niat silaturahim dan bersahabat, insya Allah usaha anda menjadi lancar dan ramai pembeli :)