Situs Berita Terupdate Paling Joss

Contoh Pidato Memperingati Hari Ibu Paling Bagus dan Berbobot

harris st.
PERAN IBU DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA

Assalamualaikum Wr. Wb
Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga kita bisa hadir dalam acara peringatan hari ibu ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita dari jalan kegelapan menuju jalan yang terang benderang yakni agama islam.
Hadirin yang berbahagia, 

Seorang sosiolog dari Amerika Charles Horton mengatakan bahwa remaja adalah The Agent of Change, agen perubahan, yang diharapkan mampu membawa perubahan dalam kehidupan ini ke arah yang lebih baik.  Tapi, bagaimana mereka bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik jika akhir akhir ini yang kita dengar adalah berita yang tidak mengenakkan berkaitan dengan prilaku remaja.

Saat ini remaja kita menjadi sorotan tajam dari berbagai pihak. Pasalnya banyak problema remaja yang tak henti-hentinya mengapung ke tengah publik. Mulai dari hal yang sederhana seperti malas belajar, tidak hormat kepada orang tua, tawuran, ugal-ugalan di jalan raya, hingga tindakan kriminal yang membahayakan seperti mencuri, terlibat narkoba, pergaulan bebas, perampokan bahkan pembunuhan. 

Hadirin sekalian,
Melihat semakin parahnya masalah kenakalan remaja ini, maka yang patut kita tanyakan pada diri kita sebagai seorang wanita, sebagai seorang ibu, adalah apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kenakalan remaja tersebut. 

Yang pertama, ibu harus mampu berperan sebagai guru utama bagi anak anakya.
Tidak cukup hanya di beri asupan pendidikan melaui lembaga – lembaga formal seperti sekolah, seorang anak juga harus mendapatkan pendidikan dari orang tuanya terutama ibunya. Oleh karena itu, seorang ibu harus memiliki wawasan yang luas, harus melek teknologi agar dapat mendidik anaknya dengan baik. Selain itu, Pendidikan karakter juga tidak kalah pentingnya hadirin sekalian. Karena melalui pendidikan karakter inilah kita bisa menanamkan nilai-nilai positif dalam kehidupan sebagai bekal kehidupan anak kita di masa depan, sehingga mereka bisa menjadi generasi yang tangguh yang bisa memilah dan memilih mana yang benar dan tidak. 

Selain sebagai guru, seorang ibu juga harus bisa menjadi sahabat bagi anak-anaknya terutama anak remajanya. 

Di sinilah komunikasi yang baik harus di bangun antara ibu dan anak. Karena jika ibu mampu berkomunikasi dengan baik dan mengambil hati anaknya, maka anak kita tidak akan merasa canggung untuk menjadikan kita sebagai sahabatnya, sebagai tempat curhatnya. Jangan sampai kesibukan kita menjadi alasan untuk mengabaikan hak anak untuk di perhatikan. Jangan sampai ada jarak antara ibu dan anak karena jarak ini berpotensi menjadi celah bagi masuknya pengaruh-pengaruh negative dari luar. 

Yang tak kalah pentingnya, hadirin sekalian,
Seorang ibu harus mampu berperan sebagai ulama atau tokoh agama bagi anaknya. Peran ini memang tidak mudah namun bukan berarti seorang ibu tidak bisa memerankannya. Dengan berusaha maksimal mempelajari agama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari itu sudah merupakan modal utama bagi seorang ibu untuk menjadi teladan untuk anak-anaknya. Dengan pendekatan agama yang menyejukkan dan nasehat yang lemah lembut dan tidak mudah menyalahkannya, seorang anak akan mampu menerima kesalahannya dan akan berusaha memperbaiki diri dari kenakalannya. 

Hadirin yang saya hormati,
Intinya, Kunci perbaikan bangsa ini terletak pada wanita. Sebagaimana dalam hadits disebutkan “Al Maratu imadul bilad”, wanita adalah tiang Negara. Oleh karena itu, marilah kita menjadi tiang yang kokoh bagi bangsa ini dengan memainkan peran kita sebagai ibu dengan sebaik-baiknya. Sebagai seorang pendidik, sahabat dan tokoh agama bagi anak-anak kita, sehingga pada akhirnya masalah kenalakan remaja bisa di cegah.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf atas segala kesalahan.
Wassalamualaikum Wr. Wb.