Situs Berita Terupdate Paling Joss

Cara Paling Mudah Ternak Belut di Kolam Terpal

harris st.
Cara ternak belut – Sama seperti dengan ikan lele, saat ini ternak belut juga mulai banyak digemari karena bisa dijadikan lahan berbisnis yang cukup menjanjikan, hanya saja belum cukup banyak jika dibandingkan dengan lele. Belut sendiri merupakan sejenis ikan yang mirip seperti ular dan hidup di daerah air yang berlumpur. Biasanya belut banyak ditemui disekitar sawah. Banyak orang yang sering menangkap belut karena memang rasanya enak untuk dikonsumsi. Belut sendiri memiliki 20 jenis yang berbeda, selain itu pada tubuh belut terdapat seperti lendir, sehingga susah sekali untuk dipegang.

Rasa belut jika sudah diolah hampir sama dengan ikan lele. Jika anda ingin memelihara belut, berikut ini beberapa caranya:

1.    Tempat tingga belut
Belut sendiri tinggal didaerah yang cukup luas dengan lingkungan air dan lumpur. Belut bisa masuk dalam tanah karena belut hidup ditempat yang dingin. Sekitar 21 – 27 derajat celcius. Belut mampu hidup di dalam tanah sebab ia mampu bernafas dengan menggunakan insang yang dibantu dengan alat nafas yang lainnya yang terdapat di dalam rongga mulutnya.

2.    Pemilihan jenis bibit belut
cara tenak belut yang kedua adalah pemilihan bibit belut. Jika anda ingin ternak belut, maka gunakan belut dengan bibit yang baik dan berkualitas. Agar ia mampu beradaptasi dengan lingkungan secara cepat. Memilih bibitnya biasanya dengan cara cari bibit yang tidak ada luka, cari bibit yang gesit dan agresif, dan bibit yang anda gunakan pastikan seragam dan sudah dikarantina terlebih dahulu.

3.    Makanan belut
Belut memang salahs atu jenis ikan yang unik, Ia mampu beradaptasi dengan baik dilingkungannya dan namun meski begitu, untuk hasil yang lebih baik berilah belut anda makanan. Jangan memberi terlalu banyak karena bisa memperkeruh air, dan jangan beri makan yang kurang karena akan mengakibatkan hasil yang tidak bagus. Anda bisa memberikannya ulat hongkong, kecobong, cacing, dan lain sebagainya.




Dari tiga cara ternak belut tersebut, anda bisa memulai untuk ternak belut dengan baik.
Semoga bermanfaat