Situs Berita Terupdate Paling Joss

Cara Mudah Ternak Ikan Cupang Hias di Rumah

harris st.
Cara ternak ikan cupang – Setelah kita membahas Cara Mudah Ternak Belut Kolam Terpal, kini saatnya kita melihat budidaya yang lain ,yaitu ikan yang sangat cantik , Ikan Cupang. Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang sangat mudah untuk dirawat. Ikan cupang hidup di air tawar sehingga tidak akan susah untuk memeliharanya. Selain itu, ikan cupang juga memiliki warna dan bentuk yang sangat cantik. Warna ikan cupang bisa berawarna – warni dan bentuknya sangat unik. Jika tidak dirawat, biasanya ikan cupang ini dapat ditemui di rawa – rawa, sungai, dan juga danau sebab ikan cupang memilih habitat air yang tenang. 

Bukan hanya cantik, namun ikan cupang juga memiliki kekuatan yang tidak dimiliki oleh ikan lain. Ikan cupang mampu hidup ditempat yang minim sekali oksigen. Tidak heran jika banyak memilihara ikan cupang dengan manaruhnya di dalam toples kecil yang minim udara. Ikan cupang ini mampu bertahan begitu kuat dengan udara yang minim sebab ia juga memiliki rongga labirin seperti yang ada pada paru – paru manusia. Jika anda ingin mencoba untuk ternak kan cupang, berikut ini caranya:

1.    Pilih bibit ikan cupang
Untuk cara ternak ikan cupang yang pertama, anda harus memilih bibit ikan cupang yang bagus. Bibit ikan cupang yang bagus biasanya dari keturnan yang unggul, bebas penyakit dan tidak cacat, kondisinya bugar. Setelah memilih bibit yang berkualitas, anda perlu memisahkan induk jantan dan induk betina. Ciri indukan jantan biasanya gerakannya lincah, sirip dan ekor lebar mengembang, warnanya lebih cerah, tubuhnya lebih besar. Sedangkan indukan betina grakannya lebih lamban, ekor dan siripnya lebih pendek, warna yang dimiliki juga lebih kusam dan tubuhnya kecil.

2.    Kawinkan ikan cupang
Untuk mengkawinkan ikan cupang, letakkan ikan cupang di dalam toples atau aquarium di mana tubuhnya pas. Dan yang lebih pening, kawinkan ikan cupang apabila sudah siap yaitu jantang pada umur 4 -8 bulan dan betina 3 – 4 bulan. Biasanya pada sekali berterlur bisa menghasilkan 1000 telur, namun kemungkinan hidup hanya berkisar 30 – 50 ekor.

3.    Makanan Ikan cupang
Sama seperti ikan lainnya, ikan cupang tidak terlalu rewel untuk makanan. Ia bisa diberi makan lumut atau makanan ikan.



Sekaian infomasi mengenai cara ternak ikan cupang. semoga bermanfaat.